Kota Jamblang adalah salah satu kota di barat Cirebon. Memasuki daerah Jamblang anda akan disambut oleh deretan gedung-gedung tua, baik yang masih ditinggali atau terbengkalai. Rumah-rumah tersebut ada yang sudah beralih fungsi jadi toko dan gerai kendaraan bermotor. Jika diperhatikan kawasan yang dulunya sebuah kampung cina ini berbentuk memanjang dengan pusat sebuah aliran sungai. Sebuah catatan di tembok salah satu gudang tua di Jamblang bertuliskan 1833. Kemungkinan perkembangan terpesat dari kawasan ini berlangsung di awal abad 19.

Kota Jamblang adalah potret berhasilnya asimilasi antara 3 kultur budaya yaitu Pribumi, China dan Arab. Di kota ini anda bisa temui berbagai budaya unik yang susah anda temukan di tempat lain. Apa saja budaya dan kerajinan yang ada di kota Jamblang ini, mari kita bahas satu-persatu :

Sandal Barepan

 

Sandal ini menjadi unik karena bahan bakunya di buat dari ban luar roda mobil. Pada awal perkembangannya, sandal ini biasanya dipakai oleh para orang tua dan santri kala mau berangkat ke musholah (Tajug, dalam bahasa Cirebon). Kenapa?? Karena sandal ini dikenal awet meski bertahun-tahun kena air. Bentuknya memang cukup sederhana dan agak berat, tapi disinilah keunikannya. Oyah, selain dikenal dengan nama sandal barepan sandal ini pun dikenal dengan sebutan sandal pedati.

Celengan Jamblang


Tempat menabung uang tradisional ini menjadi unik karena dibuat dengan bahan tanah liat (Tembikar) yang dibentuk sedemikian rupa. Bentuk-bentuk yang biasa ditemui dari celengan Jamblang ini adalah berbentuk ayam jago, babi, semar dan lain-lain.

Emas Jamblang


Emas jamblang adalah sebutan bagi perhiasan yang ada di Jamblang. Yang membuat perhiasan ini unik adalah karena perhiasan ini sudah dicampur dengan bahan lain hingga kadar emasnya hanya tinggal beberapa persen saja. Tak heran jika kemudian perhiasan ini sangat murah mengingat minimnya kadar emas yang ada di dalamnya. Inilah salah satu kreativitas warga keturunan Tionghoa yang ada di Jamblang. Anda bisa menemui took yang menjual emas Jamblang ini di sepanjang jalan Jamblang.


Mainan Jamblang


Ketika kecil anda mungkin pernah melihat mainan yang dijajakkan oleh para pedagang di pasar tradisional berupa perahu-perahuan yang berbahan kaleng, berbahan bakar minyak goring dan berbunyi otok… otok… otok..?? Atau motor-motoran yang dari kaleng pula yang cara menjalankannya menggunakan tali sol sepatu? Yupe, ini adalah hasil kretivitas rakyat Jamblang pula. Sayang mainan-mainan jenis ini sudah sangat langka sekarang, tergerus oleh mainan-mainan import dari China yang rata-rata memakai batre sebagai tenaganya. Bahkan di Jamblang sendiri jenis mainan ini sudah sangat susah ditemui.

 

Komik Jamblang

 

Lebak Membara.. mungkin anda pernah membaca komik bersetting perjuangan melawan penjajah yang dulu sempat diangkat ke layar lebar ini, dengan aktor utama Barry Prima. Inilah salah satu karya komikus jamblang. Nama lebak sendiri adalah nama sebuah desa di pinggiran kota Jamblang.

 

Kesuwun kanggo http://portalcirebon.blogspot.com sing wis tak jukut tulisane, Kesuwun pisan Kang…