Saya akan mencoba merangkai sebuah cerita bersambung tentang Cirebon, mulai dari asal muasal berdiri sampai dengan terpecahnya menjadi beberapa keraton. Cerita bersambung ini, saya maksimalkan mendekati ‘rekaman’ nyata dengan menggunakan tanggal-tanggal yang valid, menggabungkan beberapa cerita rakyat namun tidak mengaburkan substansi fakta sejarah.

Cerita ini saya rangkai berdasarkan sumber-sumber data, yang dihimpun dari berbagai media dan sarana yang sekarang bertebaran di mana-mana, yang coba saya himpun dari keping-keping yang berserakan.

Sebagai sebuah cerita, tentu saja mengandalkan 100% imajinasi dan hal-hal yang tidak sempurna nyata, pasti banyak kejanggalan, distorsi dan hal-hal yang bisa diperdebatkan.

Saya menulis cerita bersambung ini semata-mata untuk penglipur lara, memandang Cirebon hanya dari pelupuk romansa di tanah seberang, tidak ada maksud apa-apa.

Tentu nanti cerita saya banyak yang ditaburi imaji, karena ini bukan cerita non-fiksi. Ini cerita hiburan pelipur lara.

Matur kesuwun sedurunge….